Tips Akurat : 6 Jurus Berkata Jujur

berkata jujur1. Jangan mudah berjanji.
Kebohongan sering terjadi akibat kita mudah mengobral janji. Seperti kita udah berjanji sama pacar kita, “Besok kita ngedate di pinggir selokan ya.”, tapi karena satu dan lain hal, kita ga bisa memenuhi janji tersebut, akibatnya? Ya lebih baik bohong daripada digampar and dicemberutin pacar denga alasan : “Maaf beb, ga bisa menuhin janji, karena harus nemenin nenek operasi kulit.” dan sejuta alasan bohong lainnya. Ingat pikiran mateng-mateng sebelum berjanji, dan semaksimal mungkin memenuhi janji. Ingat, kata agama : Janji adalah hutang.

2. Lebih baik diam.
Nah, ini salah satu kiat menjauhkan kita dari kebohongan. Katakanlah kebenaran yang kita tahu, dan lebih baik diam jika kita tidak tahu. Jika kita memiliki hal-hal yang harus ditutupi, janganlah berbohong, lebih baik diam. Toh pepatah mengatakan, diam itu emas. Rasulullah pernah bersabda : “Barang siapa beriman kepada Allah dan hari Akhir, hendaklah ia mengatakan yang baik, atau diam. (HR. Bukhari)”

3. Latih terus kejujuran.
Jujur itu bisa menjadi sebuah kebiasaan, jika kita melatihnya. Kalo kita udah biasa bohong, maka latihlah mental anda untuk mencoba berkata jujur. Hari ini 100 kebohongan, cobalah besok untuk belajar 99 kebohongan dan 1 kejujuran, dan seterusnya. Mintalah teman, sodara, pacar, nenek, kakek untuk membantu kita dalam melatih kejujuran.

4. Bicara apa adanya.
Bicara dan ceritakanlah segala hal apa adanya. Jangan pernah terintimidasi atau terlecut untuk membumbui sebuah kabar dan berita. Walau kita berpikir itu akan membuat sebuah cerita menjadi menarik dan cool, namun sejatinya kita tengah menceburkan diri kedalam kebohongan. Kan mau jujur kan? So, ceritakan apa adanya, no embel-embel.

5. Jangan terbiasa sabun.
Nah ini salah satu hal yang nangkring di jiwa-jiwa para orang gokil. Sabun, Asbun, Asbak, alias asal Bunyi dan asal nyablak. Kadang, dalam asbun yang kita sampaikan, terselip sebuah kebohongan yang tak kita inginkan sebelumnya. Akibatnya, untuk menutupi sebuah kebohongan, kita harus melakukan kebohongan lain. Jadi dah tukang bohong. So, cobalah dari sekarang berkata sesuai fakta, pikirkan kata-kata yang ingin di ucapkan, sampaikanlah yang benar.

6. Bergaulah dengan para pembohong.
Nah lo, ini tips ampuh buat kamu belajar menjadi jujur. bergaul sama para pembohong, agar kita tahu, bagaimana tidak enaknya dibohongi, dikibuli, ditipu, dan dikadalin. Akrablah dengan orang yang lebih gila bohongnya daripada kita, misalnya para anggota DPR, para politikus, dan sebagainya. Coba ingat-ingat, apa yang para politikus itu ucapkan dulu saat masih melakukan kampanye, seribu janji, seribu dusta. Akibatnya, sekarang banyak orang yang ngamuk, demo karena merasa dikibulin. Mungkin termasuk kamu???

Itulah beberapa tips untuk selalu berkata jujur. Ingat, bohong itu dosa, dan Allah paling gak suka sama para pembohong.

Categories: Tips Akurat | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: